Rabu, 14 Desember 2011

SISTEM PENCERNAAN PADA VERTEBRATA

PENCERNAAN PADA VERTEBRATA

Dalam kebanyakan vertebrata, pencernaan adalah suatu proses multi-tahap dalam sistem pencernaan, mulai dari konsumsi bahan baku, paling sering organisme lain. Pemakanan biasanya melibatkan beberapa jenis pengolahan mekanik dan kimia. Pencernaan dipisahkan menjadi empat langkah:
1.   Pemakanan: menempatkan makanan ke dalam mulut (masuknya makanan dalam sistem pencernaan),
2.   Mekanik dan kimia rincian: pengunyahan dan pencampuran dengan air yang dihasilkan bolus, asam empedu, dan enzim dalam lambung dan usus untuk memecah molekul kompleks menjadi struktur sederhana,
3.   Penyerapan: nutrisi dari sistem pencernaan ke peredaran darah dan limfatik kapiler melalui osmosis, transpor aktif, dan difusi, dan
4.   Egestion: Penghapusan bahan yang tidak tercerna dari saluran pencernaan melalui defekasi.
Mendasari proses gerakan otot di seluruh sistem melalui menelan dan peristaltik. Setiap langkah dalam pencernaan membutuhkan energi, dan dengan demikian memaksakan sebuah "muatan overhead" pada energi yang dibuat tersedia dari zat diserap. Perbedaan dalam bahwa biaya overhead pengaruh penting pada gaya hidup, perilaku, dan bahkan struktur fisik. Contoh dapat dilihat pada manusia, yang sangat berbeda dari hominid lain (kurangnya rambut, rahang kecil dan otot, gigi yang berbeda, panjang usus, memasak, dll).
Bagian utama dari pencernaan terjadi di usus kecil. Usus besar terutama berfungsi sebagai situs untuk fermentasi materi dicerna oleh bakteri usus dan untuk resorpsi air dari digesta sebelum ekskresi.
Pada mamalia, persiapan untuk pencernaan dimulai dengan fase sefalika di mana air liur diproduksi dalam mulut dan enzim pencernaan diproduksi di perut. Pencernaan mekanik dan kimia dimulai di mulut dimana makanan dikunyah, dan dicampur dengan air liur untuk mulai memproses enzimatik pati. Perut terus untuk memecah makanan turun mekanis dan kimia melalui berputar dan pencampuran dengan kedua asam dan enzim. Penyerapan terjadi di lambung dan saluran pencernaan, dan proses selesai dengan buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar