Kamis, 04 Agustus 2011

MENULIS PUISI

MENULIS PUISI
         
Ciri – ciri puisi dapat dilihat dari bahasa, rima, pilihan kata, dan juga keanekaragaman makna puisi. Pada hakikatnya puisi adalah bahasa lambang. Dibalik penggunaan bahasa puisi, kita menemukan lambang – lambang. Dalam puisi banyak digunakan gaya bahasa yang menyatakan perbandingan dan pengiasan.
Ciri – ciri puisi antara lain :

    Bahasa
Bahasanya singkat, padat, penuh dengan lambang atau bermakna konotatif sehingga bisa dimaklumi  bila terjadi penafsiran yang berbeda – beda pada isi sebuah puisi.

    Rima
Pemilihan bunyi – bunyi tertentu sangat diperhatikan untuk menambah keindahan puisi. Pengulangan bunyi tersebut pada puisi lama sangat terikat.

   Pilihan kata
Bahasa puisi menjadi puitis atau indah karena pemilihan kata dan pemakaian kosa katanya, ketepatan pilihan kata dan susunan kata dapat menghidupkan suasana puisi tersebut. Dengan pilihan kata yang tepat dapat menambah semangat, keindahan, keharuan, adan sebagainya.

     Keanekaragaman makna puisi
Daya pengiasan puisi mampu mempengaruhi penangkapan kita terhadap isi puisi tersebut. Dengan kiasan – kiasan yang dibuat penyair, puisi terasa lebih konkret, lebih lekat pada panca indera pembacanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar